Senin, 01 Mei 2017



STANDAR KOMPETENSI LULUSAN, STANDAR KOMPETENSI, DAN KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MI



Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran Bahasa Arab
Dosen Pengampu : Ade Ruswati, M.Pd
Disusun Oleh:
1.      Auliya Afia Ningrum      (1423305226)
2.      Awit Fitriasih                   (1423305228)
3.      Aziz Hidayat                    (1423305231)
4.      Evi Masriatun                  (1423305236)
5.      Irma Widiana Rahmah  (1423305241)
6.      Muntofingah                    (1423305248)
7.      Sriwidiyanti                     (1423305259)
8.      Zakli Muh. Arfan            (1423305269)
9.      Sunarti                             (1423305260)
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI  PURWOKERTO
2017

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah sumber daya manusia jangka panjang yang memiliki nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Oleh karena itu, hampir semua memiliki variabel pendidikan sebagai suatu yang terpenting dan penting dalam pembangunan bangsa dan Negara. Begitu juga Indonesia menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang penting dan utama. Hal ini dapat dilihat dari isi pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.[1] Sejumlah tantangan yang berkaitan baik dari internal sistem pendidikan nasional maupun yang bersumber pada perubahan dalam segala segi aspek tingkat nasional, tingkat lokal dan tatanan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya manusia memiliki daya saing  tinggi. Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang memadai, hal itulah sebabnya adanya standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar pada satuan pendidikan harus ditetapkan.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar ?
2.      Apa saja kegunaan standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan kompetensi dasar?
3.      Bagaimana langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar?
4.      Apa saja Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI?
5.      Apa Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di MI?


C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
2.      Untuk mengetahui kegunaan standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan kompetensi dasar.
3.      Untuk mengetahui langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
4.      Untuk mengetahui Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI.
5.      Untuk mengetahui Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di MI.






















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar
1.      Pengertian standar kompetensi lulusan
Standar adalah arahan atau acuan peserta didik tentang kecakapan dan keterampilan yang menjadi fokus dalam proses pembelajaran dan penilaian. Kompetensi merupakan pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai-nilai (afektif) dan keterampilan (psikomotor) yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak sehingga mampu menghadapi berbagai persoalan yang dihadapinya. Sedangkan lulusan adalah suatu pencapaian dalam belajar. [2]Standar kompetensi lulusan merupakan bagian penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang diarahkan untuk pengembangan potensi peserta didik sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan seni yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan nonformal dikembangkan dan ditetapkan  oleh BSNP dan ditetapkan dengan peraturan menteri pendidikan, sedangkan standar kompetensi lulusan pendidikan tinggi ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi [3]
2.      Pengertian standar kompetensi
Menurut peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006, standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dannberlaku secara nasional.
3.      Pengertian kompetensi dasar
Kompetensi dasar merupakan princian atau penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit dibandingkan dengan standar kompetensi. Standar kompetensi adalah pengetahuan keterampilan dan sikap yang minimal harus dikuasai oleh peserta didik untuk menunjukan bahwa mereka telah menguasai standar kompetensi yang ditetapkan.[4]
B.     Kegunaan standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan kompetensi dasar
1.      Kegunaan standar kompetensi lulusan
a.       Pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan yang meliputi seluruh kompetensi untuk seluruh mata pelajaran. Serta mencakup aspek sikap pengetahuan dan keterampilan.
b.      Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c.       Standar kompetensi lulusan pendidikan menegah bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
d.      Standar kompetensi lulusan pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
e.       Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar, menengah, serta pendidikan non formal dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan peraturan menteri pendidikan nasional.
f.       Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan non formal dikembangkan dan ditetapkan  oleh BSNP dan ditetapkan dengan peraturan menteri pendidikan, sedangkan standar kompetensi lulusan pendidikan tinggi ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi [5]
2.      Kegunaan standar kompetensi dan kompetensi dasar
1)      Untuk menunjukan kemampuan siswa terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah diterapkan.
2)      Landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. [6]
C.     Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar
1.      Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan
a)      Pengkajian dokumen
b)      Diskusi internal maupun diskusi eksternal
c)      Penyusunan draf
d)     Validasi
e)      Uji publik
f)       Pelaporan [7]

2.      Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar
a)      Guru perlu mengambil rumusan SK dan KD yang telah disusun oleh BSNP berdasarkan mata pelajaran yang diampu.
b)      Guru memilih SK dan KD yang telah dirumuskan oleh BSNP untuk setiap mata pelajaran. Pemilihan SK dan KD harus disesuaikan dengan jenjang pendidikan, mata pelajaran dan semester.
c)      Setelah SK dan KD dipilih, selanjutnya dilakukan analisis dengan mengajukan pertanyaan dasar, “ apasajakah tanda-tanda bahwa siswa-siswa telah menguasai kompetensi?”.
d)     Pada perumusan SK dan KD perlu memilih kata-kata kerja operasional berdasakan level kompetensi pembelajaran.
e)      Pada proses perumusan dan pengembangan SK dan KD, kata-kata operasional umum dapat diambil dari tiga ranah, yakni ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.[8]
D.    Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI
1)      Menyimak
Memahami wacana lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah.
2)      Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan  hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah.
3)      Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah .
4)      Menulis
            Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana          
            dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.

E.     SK dan KD Bahasa Arab MI

Kelas IV Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
1.      Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
1.2
Menemukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف

2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi
2.1
Melakukan dialog sederhana tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,  alat-alat sekolah dan profesi
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi


4.1 
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
اسم إشارة + اسم مفرد/علم
dan
ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي، نحن)
 + اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم

Kelas IV Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh
5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang 
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh
6.1
Melakukan dialog sederhana tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
6.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان

7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh
7.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
7.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang tentang alamat, keluargaku dan anggota tubuh
8.1 
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث

 

Kelas V Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
1.Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan rumah
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
1.2
Memahami makna kata informasi tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan rumah
2.1
Melakukan dialog sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان

3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang lingkungan rumah
4.1 
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi kalimat sempurna tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة (نعت)

Kelas V Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan sekolah
5.1
Mengidentifikasibunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang lingkungan sekolah
6.1
Melakukan dialog sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
6.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف

7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan sekolah
7.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
7.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang lingkungan sekolah
8.1 
Menyusun kata menjadi kalimat sempurna,  membuat karangan sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور
أو خبر مقدم + مبتدأ + نعت

 



Kelas VI Semester 1

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
1. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.
1.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang 
الساعة، الأفعال اليومية
1.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
  الساعة، الأفعال اليومية
2. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan sehari-hari.
2.1
Melakukan dialog sederhana tentang
 الساعة، الأفعال اليومية
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
  الساعة، الأفعال اليومية
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan sehari-hari.
3.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
  الساعة، الأفعال اليومية
3.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
  الساعة، الأفعال اليومية
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang tentang kegiatan sehari-hari.
4.1 
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
  الساعة، الأفعال اليومية
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به

Kelas VI Semester 2

STANDAR KOMPETENSI
No.
KOMPETENSI DASAR
5. Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan yang telah dilakukan
5.1
Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
5.2
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
6. Berbicara
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam  bentuk paparan atau dialoq  tentang kegiatan yang telah dilakukan
6.1
Melakukan dialog sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
6.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana  tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
7. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang  kegiatan yang telah dilakukan
7.1
Melafalkan huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
7.2
Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek  sederhana tentang  kegiatan yang telah dilakukan
8.1 
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
 Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل ماض + فاعل + مفعول به
















BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap tingkat dan atau semester. Kompetensi dasar merupakan princian atau penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit dibandingkan dengan standar kompetensi.
Kegunaan standar kompetensi lulusan antara lain: Pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan yang meliputi seluruh kompetensi untuk seluruh mata pelajaran. Sedangkan kegunaan standar kompetensi dan kompetensi dasar antara lain: Untuk menunjukan kemampuan siswa terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah diterapkan, dan sebagai Landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Adapun Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab melingkupi: menyimak, berbicara, menulis, dan membaca.
Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan yaitu : pengkajian dokumen, diskusi internal maupun diskusi eksternal, penyusunan draf, validasi, uji publik, pelaporan.  Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yaitu: Guru perlu mengambil rumusan SK dan KD yang telah disusun oleh BSNP berdasarkan mata pelajaran yang diampu, guru memilih SK dan KD yang telah dirumuskan oleh BSNP untuk setiap mata pelajaran. Pemilihan SK dan KD harus disesuaikan dengan jenjang pendidikan, mata pelajaran dan semester, setelah SK dan KD dipilih, selanjutnya dilakukan analisis dengan mengajukan pertanyaan dasar, “ apasajakah tanda-tanda bahwa siswa-siswa telah menguasai kompetensi?”, pada perumusan SK dan KD perlu memilih kata-kata kerja operasional berdasakan level kompetensi pembelajaran, pada proses perumusan dan pengembangan SK dan KD, kata-kata operasional umum dapat diambil dari tiga ranah, yakni ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI yaitu: Menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
















DAFTAR PUSTAKA

Mulyasa, 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.  Bandung: PT Remaja
        Rosdakarya
Haryati, Mimin. 2010.  Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan
Pendidikan.  Jakarta: Gaung Persada Press
Kunandar. 2011. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Kurikulum (KTSP) Dan  Sukses Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Anwar, Kasful. 2011.  Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP. Bandung:
Alfabeta
Rusman. 2009. Manajemen kurikulum. jakarta: Rajagrafindo Persada



[1] Kunandar, Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Kurikulum (KTSP) Dan  
   Sukses Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011), Hlm. V
[2] Mimin Haryati, Model Dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Gaung
   Persada Press, 2010), Hlm. 3
[3] Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007), Hlm.
   90
[4] Kasful Anwar, Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP, ( Bandung: Alfabeta, 2011), Hlm.72-
   73
[5] Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007), Hlm.
   90
[6] Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan..., Hlm.9
[7] Rusman, Manajemen kurikulum, (jakarta: rajagrafindo persada, 2009), Hlm. 419
[8] Kasful Anwar, Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP..., Hlm. 75-83

1 komentar: