STANDAR KOMPETENSI LULUSAN,
STANDAR KOMPETENSI, DAN KOMPETENSI DASAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MI
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pembelajaran Bahasa
Arab
Dosen
Pengampu : Ade Ruswati,
M.Pd
Disusun Oleh:
1. Auliya Afia Ningrum (1423305226)
2. Awit Fitriasih (1423305228)
3. Aziz Hidayat (1423305231)
4. Evi Masriatun (1423305236)
5. Irma Widiana Rahmah (1423305241)
6. Muntofingah (1423305248)
7. Sriwidiyanti (1423305259)
8. Zakli Muh. Arfan (1423305269)
9. Sunarti (1423305260)
PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PURWOKERTO
2017
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pendidikan adalah sumber daya manusia jangka panjang
yang memiliki nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia.
Oleh karena itu, hampir semua memiliki variabel pendidikan sebagai suatu yang terpenting
dan penting dalam pembangunan bangsa dan Negara. Begitu juga Indonesia
menempatkan pendidikan sebagai sesuatu yang penting dan utama. Hal ini dapat
dilihat dari isi pembukaan UUD 1945 alinea IV yang menegaskan bahwa salah satu
tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.[1]
Sejumlah tantangan yang berkaitan baik dari internal sistem pendidikan nasional
maupun yang bersumber pada perubahan dalam segala segi aspek tingkat nasional,
tingkat lokal dan tatanan global. Kondisi tersebut menuntut adanya sumber daya
manusia memiliki daya saing tinggi.
Pendidikan harus mampu menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang memadai, hal
itulah sebabnya adanya standar kompetensi lulusan, standar
kompetensi dan kompetensi dasar
pada satuan pendidikan harus ditetapkan.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi
dasar ?
2. Apa saja
kegunaan standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan kompetensi dasar?
3. Bagaimana
langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar
kompetensi dan kompetensi dasar?
4. Apa saja Standar
Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI?
5. Apa Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar di MI?
C.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi
dan kompetensi dasar.
2. Untuk
mengetahui kegunaan standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan
kompetensi dasar.
3. Untuk
mengetahui langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi
lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar.
4. Untuk
mengetahui Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI.
5. Untuk
mengetahui Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di MI.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi dasar
1.
Pengertian standar kompetensi lulusan
Standar adalah arahan atau acuan peserta didik tentang kecakapan dan
keterampilan yang menjadi fokus dalam proses pembelajaran dan penilaian. Kompetensi
merupakan pengetahuan (kognitif), sikap dan nilai-nilai (afektif) dan
keterampilan (psikomotor) yang diwujudkan dalam kebiasaan berfikir dan
bertindak sehingga mampu menghadapi berbagai persoalan yang dihadapinya. Sedangkan lulusan adalah suatu pencapaian dalam
belajar. [2]Standar kompetensi lulusan merupakan bagian penting dalam upaya
peningkatan mutu pendidikan yang diarahkan untuk pengembangan potensi peserta
didik sesuai dengan perkembangan ilmu, teknologi dan seni yang sesuai dengan
kebutuhan peserta didik.
Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Standar kompetensi lulusan
pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan nonformal dikembangkan dan
ditetapkan oleh BSNP dan ditetapkan
dengan peraturan menteri pendidikan, sedangkan standar kompetensi lulusan
pendidikan tinggi ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi [3]
2.
Pengertian standar kompetensi
Menurut peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006,
standar kompetensi adalah kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang
menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai
pada setiap tingkat dan atau semester. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah
kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai dannberlaku secara
nasional.
3.
Pengertian kompetensi dasar
Kompetensi dasar merupakan princian atau penjabaran lebih lanjut dari
standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit dibandingkan dengan
standar kompetensi. Standar kompetensi adalah pengetahuan keterampilan dan
sikap yang minimal harus dikuasai oleh peserta didik untuk menunjukan bahwa
mereka telah menguasai standar kompetensi yang ditetapkan.[4]
B. Kegunaan
standar kompetensi lulusan, standar kompotensi dan kompetensi dasar
1.
Kegunaan standar kompetensi lulusan
a.
Pedoman penilaian dalam penentuan
kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan yang meliputi seluruh kompetensi
untuk seluruh mata pelajaran. Serta mencakup aspek sikap pengetahuan dan
keterampilan.
b.
Standar kompetensi lulusan pada jenjang
pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut.
c.
Standar kompetensi lulusan pendidikan
menegah bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan pengetahuan kepribadian, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih
lanjut.
d.
Standar kompetensi lulusan pendidikan
menengah kejuruan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
e. Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar, menengah, serta pendidikan
non formal dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan
peraturan menteri pendidikan nasional.
f. Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang
mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Standar kompetensi lulusan pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan
non formal dikembangkan dan ditetapkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan peraturan
menteri pendidikan, sedangkan standar kompetensi lulusan pendidikan tinggi
ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi [5]
2.
Kegunaan standar kompetensi dan kompetensi
dasar
1)
Untuk menunjukan kemampuan siswa terhadap
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah diterapkan.
2)
Landasan untuk mengembangkan materi
pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian. [6]
C.
Langkah-langkah menyusun dan
mengembangkan standar kompetensi lulusan, standar kompetensi dan kompetensi
dasar
1.
Langkah-langkah menyusun dan
mengembangkan standar kompetensi lulusan
a)
Pengkajian dokumen
b)
Diskusi internal maupun diskusi eksternal
c)
Penyusunan draf
d)
Validasi
e)
Uji publik
f)
Pelaporan [7]
2.
Langkah-langkah menyusun dan
mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar
a)
Guru perlu mengambil rumusan SK dan KD
yang telah disusun oleh BSNP berdasarkan mata pelajaran yang diampu.
b)
Guru memilih SK dan KD yang telah
dirumuskan oleh BSNP untuk setiap mata pelajaran. Pemilihan SK dan KD harus
disesuaikan dengan jenjang pendidikan, mata pelajaran dan semester.
c)
Setelah SK dan KD dipilih, selanjutnya
dilakukan analisis dengan mengajukan pertanyaan dasar, “ apasajakah tanda-tanda
bahwa siswa-siswa telah menguasai kompetensi?”.
d)
Pada perumusan SK dan KD perlu memilih
kata-kata kerja operasional berdasakan level kompetensi pembelajaran.
e)
Pada proses perumusan dan pengembangan SK
dan KD, kata-kata operasional umum dapat diambil dari tiga ranah, yakni ranah
kognitif, afektif, dan psikomotor.[8]
D.
Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di
MI
1)
Menyimak
Memahami wacana
lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada
di lingkungan rumah maupun sekolah.
2)
Berbicara
Mengungkapkan makna
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun
sekolah.
3)
Membaca
Membaca dan memahami
makna
wacana tertulis
dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah .
4) Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana
dengan ejaan dan tanda baca yang tepat.
E.
SK dan KD Bahasa Arab MI
Kelas IV Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang perkenalan, alat-alat sekolah dan
profesi
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
1.2
|
Menemukan
makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
|
2. Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang
perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi
|
2.1
|
Melakukan dialog sederhana tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
|
3. Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau
dialog tentang perkenalan, alat-alat
sekolah dan profesi
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
3.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks
fungsional pendek sederhana tentang
perkenalan, alat-alat sekolah dan profesi
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
المهنة، الأدوات المدرسية، التعارف
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
اسم إشارة + اسم مفرد/علم
dan
ضمائر (أنا، أنت، أنتِ، هو، هي، نحن)
+
اسم مفرد مذكر/مؤنث/علم
|
Kelas IV Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
5.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang alamat, keluargaku dan anggota
tubuh
|
5.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
|
6.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang tentang
alamat, keluargaku dan anggota tubuh
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
6.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
|
7.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang alamat, keluargaku
dan anggota tubuh
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
7.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang
alamat, keluargaku dan anggota tubuh
|
8.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
أعضاء الإنسان، أسرتي، العنوان
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
الأرقام 1-10 وضمير متصل مفرد مذكر أو مؤنث
|
Kelas V Semester 1
STANDAR
KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1.Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan rumah
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, kalimat ) tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
1.2
|
Memahami
makna kata informasi tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang lingkungan
rumah
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
3.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan rumah
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
3.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang lingkungan
rumah
|
4.1
|
Menyalin kata, kalimat dan menyusun kata menjadi
kalimat sempurna tentang
في البيت، في الحديقة + الألوان
|
Tema-tema
tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
هذا/هذه + ال + اسم + اسم صفة (نعت)
|
Kelas V Semester 2
STANDAR
KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
5.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang lingkungan sekolah
|
5.1
|
Mengidentifikasibunyi
huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
|
6.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang lingkungan
sekolah
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
6.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
|
7.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang lingkungan sekolah
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
7.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
|
8.
Menulis
Menuliskan
kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek
sederhana tentang lingkungan sekolah
|
8.1
|
Menyusun
kata menjadi kalimat sempurna, membuat
karangan sederhana tentang
في المدرسة، في العمل، في المكتبة، في المقصف
|
Tema-tema tersebut diatas menggunakan pola
kalimat yang meliputi
مبتدأ + خبر + ظرف أو جار ومجرور
أو خبر مقدم + مبتدأ + نعت
|
Kelas VI Semester 1
STANDAR KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan sehari-hari.
|
1.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
1.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang kegiatan
sehari-hari.
|
2.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
|
2.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
|
|
3.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang tentang kegiatan
sehari-hari.
|
3.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
|
3.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
الساعة، الأفعال
اليومية
|
|
4. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang tentang kegiatan
sehari-hari.
|
4.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الساعة، الأفعال اليومية
|
Tema-tema
tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل مضارع/فعل أمر + مفعول به
|
Kelas VI Semester 2
STANDAR KOMPETENSI
|
No.
|
KOMPETENSI DASAR
|
5.
Menyimak
Memahami
informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialoq tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
5.1
|
Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran ( kata, kalimat ) tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
5.2
|
Memukan makna atau gagasan dari wacana lisan sederhana
tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
|
6.
Berbicara
Mengungkapkan
informasi secara lisan dalam bentuk
paparan atau dialoq tentang kegiatan
yang telah dilakukan
|
6.1
|
Melakukan
dialog sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
6.2
|
Menyampaikan
informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
|
7.
Membaca
Memahami
wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
7.1
|
Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, kalimat dan wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
7.2
|
Menemukan
makna, gagasan atau ide wacana tertulis tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
|
8. Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional
pendek sederhana tentang kegiatan yang telah dilakukan
|
8.1
|
Menyusun kalimat dan membuat karangan sederhana tentang
الواجب المنزلي، الرحلة
|
Tema-tema
tersebut diatas menggunakan pola kalimat yang meliputi
فعل ماض + فاعل + مفعول به
|
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Standar kompetensi lulusan adalah
kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan. Standar kompetensi adalah
kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan
sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap
tingkat dan atau semester. Kompetensi dasar merupakan princian atau penjabaran
lebih lanjut dari standar kompetensi yang cakupan materinya lebih sempit
dibandingkan dengan standar kompetensi.
Kegunaan standar kompetensi lulusan
antara lain: Pedoman penilaian dalam penentuan kelulusan peserta didik dari
satuan pendidikan yang meliputi seluruh kompetensi untuk seluruh mata pelajaran.
Sedangkan kegunaan standar kompetensi dan kompetensi dasar antara lain: Untuk
menunjukan kemampuan siswa terhadap standar kompetensi dan kompetensi dasar
yang telah diterapkan, dan sebagai Landasan untuk mengembangkan materi pokok,
kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Adapun Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab melingkupi: menyimak, berbicara, menulis, dan
membaca.
Langkah-langkah menyusun dan mengembangkan standar kompetensi lulusan yaitu :
pengkajian dokumen, diskusi internal maupun diskusi eksternal, penyusunan draf,
validasi, uji publik, pelaporan. Langkah-langkah
menyusun dan mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar yaitu: Guru
perlu mengambil rumusan SK dan KD yang telah disusun oleh BSNP berdasarkan mata
pelajaran yang diampu, guru memilih SK dan KD yang telah dirumuskan oleh BSNP
untuk setiap mata pelajaran. Pemilihan SK dan KD harus disesuaikan dengan
jenjang pendidikan, mata pelajaran dan semester, setelah SK dan KD
dipilih, selanjutnya dilakukan analisis dengan mengajukan pertanyaan dasar, “
apasajakah tanda-tanda bahwa siswa-siswa telah menguasai kompetensi?”, pada
perumusan SK dan KD perlu memilih kata-kata kerja operasional berdasakan level
kompetensi pembelajaran, pada proses perumusan dan pengembangan SK dan KD,
kata-kata operasional umum dapat diambil dari tiga ranah, yakni ranah kognitif,
afektif, dan psikomotor.
Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Arab di MI yaitu: Menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa, 2007.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Haryati, Mimin. 2010. Model Dan Teknik Penilaian
Pada Tingkat Satuan
Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Kunandar. 2011. Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan
Kurikulum (KTSP) Dan Sukses
Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Anwar, Kasful. 2011.
Perencanaan Sistem Pembelajaran KTSP.
Bandung:
Alfabeta
Rusman. 2009. Manajemen kurikulum. jakarta: Rajagrafindo
Persada
[1]
Kunandar, Guru Professional
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Kurikulum (KTSP) Dan
Sukses Sertifikasi Guru,
(Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2011), Hlm. V
[2]
Mimin Haryati, Model Dan Teknik
Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: Gaung
Persada
Press, 2010), Hlm. 3
[3]
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007), Hlm.
90
[4]
Kasful Anwar, Perencanaan
Sistem Pembelajaran KTSP, ( Bandung: Alfabeta, 2011), Hlm.72-
73
[5]
Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan, (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2007), Hlm.
90
[6]
Mulyasa, Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan..., Hlm.9
[7]
Rusman, Manajemen
kurikulum, (jakarta: rajagrafindo persada, 2009), Hlm. 419
[8]
Kasful Anwar, Perencanaan
Sistem Pembelajaran KTSP..., Hlm. 75-83
semoga barokah
BalasHapus